Langkah pertama untuk menumbuhkan motivasi adalah berhenti
membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. “Sebaliknya, berubahlah
menjadi sosok yang bermental haus kesuksesan,” ungkap Profesor Psikologi di
Virginia Tech, Scott Geller, dikutip dari Reuters.
Scott Geller melanjutkan, sebenarnya membangkitkan motivasi
kerja adalah soal bagaimana Anda memperlakukan diri Anda sendiri: apakah
bermental ‘menghindari kegagalan’ atau ‘haus kesuksesan’.
Contohnya, orang yang bermental ‘menghindari kegagalan’ akan
berpikir ‘bagaimana caranya agar saya tidak dikeluarkan dari tempat kerja’.
Sebaliknya, orang yang ‘haus kesuksesan’ akan berpikir ‘bagaimana caranya
membekali diri untuk mencapai target dan impian saya’.
“Orang yang berorientasi pada strategi-strategi pengembangan
diri demi mencapai target cenderung lebih termotivasi, ketimbang mereka yang
melakukan hal-hal demi tujuan menyelamatkan dirinya sendiri agar terhindar dari
masalah,” urainya panjang-lebar.
Selain bermental haus kesuksesan, menumbuhkan motivasi harus
dimulai dengan memetakan dan memahami apa tujuan Anda dalam bekerja. Cobalah
menemukan jawaban dari ‘mengapa (why) saya bekerja di sini?’ Setelah why ini
ditemukan, Anda akan lebih termotivasi untuk mempersembahkan kinerja yang
terbaik.
Teresa Amabile, profesor terkenal dari Harvard Business
School, mengimbuhkan tips untuk tetap termotivasi, yaitu menulis buku harian.
Dengan mencatat rekam jejak perkembangan Anda selama bekerja, Anda akan merasa
termotivasi untuk melakukan lebih baik dari hari ke hari.
Hal lain yang harus diperhatikan adalah janganlah bersikap
anti-kritik. Dengarkan komentar orang lain sebagai salah satu bentuk masukan
berharga untuk bertumbuh dan menjadi lebih baik lagi. Tips selanjutnya,
biasakan diri bergaul bersama orang-orang yang berkualitas.
Tips terakhir, jadikan keinginan untuk belajar dan bekerja
keras sebagai sebuah kebiasaan. Latih diri untuk terbiasa menyelesaikan tugas
dengan akurat dan tepat waktu. Namun, bukan berarti Anda harus memaksakan diri
untuk bekerja lebih keras tanpa mengenal waktu. Ini pun tidak baik.
Semoga tips dari berbagai sumber ini bisa menjadi solusi di
kantor Anda.
Konsultasi Bisnis UKM dan Bisnis Online
Tidak ada komentar:
Posting Komentar