Langkah
pertama untuk menumbuhkan motivasi adalah berhenti membanding-bandingkan diri
sendiri dengan orang lain. “Sebaliknya, berubahlah menjadi sosok yang bermental
haus kesuksesan,” ungkap Profesor Psikologi di Virginia Tech, Scott Geller,
dikutip dari Reuters.
Scott Geller melanjutkan, sebenarnya
membangkitkan motivasi kerja adalah soal bagaimana Anda memperlakukan diri Anda
sendiri: apakah bermental ‘menghindari kegagalan’ atau ‘haus kesuksesan’.Contohnya, orang yang bermental ‘menghindari kegagalan’ akan berpikir ‘bagaimana caranya agar saya tidak dikeluarkan dari tempat kerja’. Sebaliknya, orang yang ‘haus kesuksesan’ akan berpikir ‘bagaimana caranya membekali diri untuk mencapai target dan impian saya’.
“Orang
yang berorientasi pada strategi-strategi pengembangan diri demi mencapai target
cenderung lebih termotivasi, ketimbang mereka yang melakukan hal-hal demi
tujuan menyelamatkan dirinya sendiri agar terhindar dari masalah,” urainya
panjang-lebar.
Selain
bermental haus kesuksesan, menumbuhkan motivasi harus dimulai dengan memetakan
dan memahami apa tujuan Anda dalam bekerja. Cobalah menemukan jawaban dari
‘mengapa (why) saya bekerja di sini?’ Setelah why ini ditemukan, Anda akan
lebih termotivasi untuk mempersembahkan kinerja yang terbaik.
Teresa
Amabile, profesor terkenal dari Harvard Business School, mengimbuhkan tips
untuk tetap termotivasi, yaitu menulis buku harian. Dengan mencatat rekam jejak
perkembangan Anda selama bekerja, Anda akan merasa termotivasi untuk melakukan
lebih baik dari hari ke hari.
Hal
lain yang harus diperhatikan adalah janganlah bersikap anti-kritik. Dengarkan
komentar orang lain sebagai salah satu bentuk masukan berharga untuk bertumbuh
dan menjadi lebih baik lagi. Tips selanjutnya, biasakan diri bergaul bersama
orang-orang yang berkualitas.
Tips
terakhir, jadikan keinginan untuk belajar dan bekerja keras sebagai sebuah
kebiasaan. Latih diri untuk terbiasa menyelesaikan tugas dengan akurat dan
tepat waktu. Namun, bukan berarti Anda harus memaksakan diri untuk bekerja lebih
keras tanpa mengenal waktu. Ini pun tidak baik.
Semoga tips dari berbagai sumber ini bisa
menjadi solusi di kantor Anda.Konsultasi Bisnis UKM dan Bisnis Online
Tidak ada komentar:
Posting Komentar